Menulis Buku

Berawal dari kami merasa sangat dibutuhkannya pedoman yang benar terhadap 1 hal yang sangat penting yang sangat sering dan pasti terjadi di kehidupan kita, yaitu tentang : SHOLAT JENAZAH .

Kematian adalah hal yang pasti terjadi. Bahkan kematian adalah hal yang paling pasti terjadi. Mensholatkan jenazah adalah wajib kifayah dan mendapakan pahala yang sangat besar (sebesar Qirath – gunung yang besar), apalagi bila sampai ikut memakamkannya (dua Qirath).

Namun, sholat jenazah adalah urusan ibadah, yang harus dilakukan sesuai tuntunan Rasulullah. Oleh karena itu kami berniat menulis sebuah buku kecil (buku saku yang kecil dan tipis sehingga mudah dibawa) tentang tuntunan/tatacara Sholat Jenazah berdasar dalil-dalil yang kuat (hadits-hadits yang shahih). Dengan harapan, apabila ada berita lelayu yang mendadak, dan kita belum hafal dan paham tatacara sholat jenazah, buku tersebut bisa dibawa, bahkan bisa dibagikan kepada para pelayat. Selain tentu sebagai pedoman untuk dibaca, dipahami, dan dihafal.

Kemudian, seiring waktu, apalagi di masa-masa belakangan ini, kami juga merasakan 1 kebutuhan masyarakat yang sangat besar terhadap 1 topik : Tentang ISLAM !

Pemahaman masyarakat luas tentang Islam seringkali sangat keliru. Kian hari Islam kian disudutkan. Islam dituduh. Islam difitnah. Islam diidentikkan dengan : terorisme, radikalisme, makar, anti kebhinekaan, dan tudingan-tudingan lain yang sangat buruk yang sangat jauh kebenarannya dari Islam yang sebenarnya. Entah darimana mereka menjadi punya pemikiran seperti itu.

Kami Islam. Kami tahu betul kemuliaan Islam. Kami tahu betul kesempurnaan ajaran Islam. Kami tahu betul Islam adalah solusi. Solusi terhadap semua permasalahan apapun yang ada. Kami tahu betul petunjuk Allah melalui Al-Qur’an yang mulia. Kami tahu betul kemuliaan sifat Rasulullah Muhammad SAW beserta tuntunan/ajarannya. Mohon statemen kami ini jangan di-salah-artikan sebagai : kami merasa paling tahu, paling pintar, paling benar, dsb. TIDAK. Bukan begitu, bahkan kami merasa sangat jauh dari itu. Kami merasa ilmu yang harus terus kami pelajari masih sangat luas. Kami yakin sangat banyak yang jauh lebih berilmu dari kami.

Oleh karena itu, kami merasa sangat perlu untuk menulis buku tentang Islam. Buku penjelasan tentang Islam yang hanya bersumber dari sumber ajaran utama dalam Islam, yaitu : Al-Qur’an dan Hadits shahih, yang dilengkapi dengan hadits-hadits lain, dan pendapat ulama, bila diperlukan.

JADI, untuk saat ini, kami memiliki 2 topik utama yang sangat ingin kami tulis menjadi buku (agar bisa tersebarluas dan menjadi pedoman bagi masyarakat luas), yaitu tentang :

  1. TATACARA SHOLAT JENAZAH
  2. MENGENAL ISLAM for BEGINNER

Mohon doa agar cita-cita ini bisa segera terealisasi dan berjalan dengan baik sepenuhnya dalam ridha, naungan, dan pertolongan Allah SWT, serta menjadi amal jariyah yang diterima, aamiin.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

627total visits,2visits today