Pondok Pesantren di NTT/Flores Timur
[ mensupport sahabat ]

Salah satu sahabat kami, yaitu ustadz Ramli Umar, S. H., berasal dari Solor Timur, Flores Timur, NTT (Nusa Tenggara Timur). Kami mengenalnya sejak beliau masih santri di SMP Al-Hikmah. Sejak kecil, beliau memiliki cita-cita besar yang kuat, yaitu : Mendirikan Pondok Pesantren di daerah asalnya (NTT).

Sebuah cita-cita besar, sangat besar, bahkan mungkin terasa “terlalu besar” kala itu. Tapi tiada yang besar bila Allah meridhai. Saat ini, ust. Ramli Umar sedang menempuh kuliah S-2 di Fakultas Hukum, Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta. Hal ini (kuliah S-2) tidak lepas juga dari bekal/persiapan mewujudkan cita-cita, agar bekal/persiapannya optimal, sebelum terjun berkiprah nyata, agar kelak dalam berjuang, bisa dilakukan dengan efektif. Silahkan baca juga tentang beliau di bagian “ PELUANG AMAL ” pada sub-bagian ” Patungan Biaya Kuliah S-2 Kader Terbaik Kami ” di website ini.

Cita-cita/keinginan kuat ini, memiliki alasan yang sangat kuat, yaitu berdasar kenyataan/kondisi masyarakat (di daerah asalnya, Flores Timur), yang masih memprihatinkan, terutama dalam hal pendidikan. Mayoritas penduduk Dusun Kebang, Desa Lohayong tidak melanjutkan sekolah/pendidikan lebih tinggi setelah lulus SD/SMP, hal ini tentunya rentan berpotensi penggangguran yang berujung pada tindakan kriminal (miras, pergaulan bebas, dll). Bagi tidak melanjutkan pendidikan, maka mayoritas memilih merantau ke luar negeri menjadi TKI, baik itu ke Malaysia, Arab Saudi, dll. Sebab di benak mereka terpatri kata “ buat apa sekolah, lebih baik bekerja menghasilakan uang ”, namun mereka tidak memikirkan apa yang akan terjadi puluhan tahun berikutnya. Teman-teman seangkatan ust. Ramli, sampai saat inipun ada yang masih di Malaysia dll.

Mungkin benar bahwa dengan bekerja mereka akan mendapatkan uang segera walaupun usia mereka adalah masa/periode menimba ilmu (sekolah) dan hal ini terbukti bahwa yang telah merantau itu mengrimkan uang ke kampung halaman dan membangun rumah, akhirnya masyarakatpun lebih mengarahkan pandangan ke “uang” ketimbang “pendidikan”. Inilah problem sekaligus peluang amalan bagi kami untuk berniat mendirikan pesantren di Dusun Kebang, Desa Lohayong II, Kecamatan Solor Timur, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur.
Profesi Mayoritas Penduduk

Bagi anak muda yang tidak mau melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi, mereka memilih untuk merantau, sedangkan orang tuanya lebih memilih menjadi nelayan, sehingga mayoritas warga di sana berprofesi sebagai nelayan, sedikit sekali yang menjadi pegawai sebab menjadi pegawai mensyaratkan memiliki keilmuan tertentu (gelar).

 

Rencana Kami

Lahan yang kami rencanakan untuk pesantren ini sebetulnya sudah ada, yaitu : lahan milik keluarga ust. Ramli Umar yang diwakafkan untuk ini. Lokasi yang akan kami gunakan untuk membangun pesantren ini sangat startegis, dekat jalan raya, dan sangat dekat sekali dengan pantai, pantainya terlihat sebab jaraknya hanya sekitar 100 meter.

Untuk semakin mendekatkan cita-cita besar kami ini (mendirikan ponpes di NTT) dengan realisasi, maka kami memiliki “cita-cita besar jangka pendek”, yaitu : Kami sangat ingin melakukan survey komprehensif ke calon lokasi pesantren di NTT tersebut. Kami sangat berkeinginan melaksanakan survey ini sekitar 1 – 1,5 tahun yang akan datang (sekitar pertengahan – akhir tahun 2018), kami barengkan dengan rencana selesainya kuliah S-2 ust. Romli Umar, sehingga bisa sekalian beliau mengunjungi ibu beliau dan keluarga, sekaligus menyampaikan kabar baik yang sangat membahagiakan (gelar pasca sarjana), insyaAllah. Dalam survey tersebut, kami juga berniat melakukan bakti sosial bersama warga dalam rangka mempromosikan pendirian pesantren ini. Oleh karena itu, mulai sekarang kami berniat membuka peluang amal dalam rangka mensukseskan acara baksos tersebut, antara lain berupa :

  • pakaian layak pakai, peralatan mandi
  • perlengkapan sekolah
  • uang tunai
  • dan lain-lain

Lebih detail mengenai  “cita-cita besar jangka pendek” ini, bisa dilihat di bagian ” Survey ke NTT/Flores Timur ” dalam kategori ” Cita-Cita ” dan juga di bagian ” Support Biaya Perjalanan Survey ke NTT/Flores Timur ” di kategori ” Peluang Amal ” di website ini (www.agus-susanto.com).

Cita-cita ini kami sampaikan di sini sejak dini,

  • Apabila di antara para pembaca ada yang setuju dengan ide ini, mari kita dukung, mari berkontribusi, mari bersinergi saling menguatkan, mari bersama kita persiapkan sejak dini.
  • Agar bisa di-share/dibagikan kepada yang sekiranya menganggap ini sebagai ide yang baik, untuk bisa mendukung, bahkan ikut berkontribusi.

Mohon doa agar cita-cita ini bisa segera terealisasi dan berjalan dengan baik sepenuhnya dalam ridha, naungan, dan pertolongan Allah SWT, aamiin.

Silahkan menghubungi kami di contact yang ada di bagian ” MY BIODATA ” dari website ini, atau melalui nomor ustadz Ramli Umar, S. H. :  0818 0437 9155 .

Terimakasih atas waktu dan perhatiannya.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

1108total visits,3visits today