Survey ke NTT/Flores Timur [ untuk pendirian pondok pesantren di NTT ]

Dalam usaha mewujudkan cita-cita besar kami mendirikan pondok pesantren di Dusun Kebang, Desa Lohayong II, Kecamatan Solor Timur, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (lebih rinci mengenai hal ini, bisa dilihat di bagian “ CITA-CITA “ di sub-bagian “ Pondok Pesantren di NTT/Flores Timur ” di website ini). Kami berniat melakukan survey komprehensif ke calon lokasi pesantren di NTT tersebut, sebagai persiapan mantap, pengumpulan data akurat, sosialisasi awal, dsb. Bahkan, salah satu tujuan utama survey tersebut adalah survey kelayakan/kemungkinan untuk mendirikan semacam supermarket di sana, yang berfungsi untuk menopang finansial pondok nantinya.

Kami sangat berkeinginan melaksanakan survey ini sekitar 1 – 1,5 tahun yang akan datang (sekitar pertengahan – akhir tahun 2018), kami barengkan dengan rencana selesainya kuliah S-2 ustadz Romli Umar (sosok yang berasal dari Flores Timur, NTT, yang memiliki cita-cita/mencetuskan ide mendirikan pondok pesantren ini – lebih rinci tentang beliau bisa dilihat di bagian “ PELUANG AMAL ” pada sub-bagian “ Patungan Biaya Kuliah S-2 Kader Terbaik Kami ” di website ini) sehingga bisa sekalian beliau mengunjungi ibu beliau dan keluarga, sekaligus menyampaikan kabar baik yang sangat membahagiakan (gelar pasca sarjana), insyaAllah. Dalam survey ini, kami juga berniat melakukan bakti sosial bersama warga dalam rangka mempromosikan pendirian pesantren ini. Oleh karena itu, mulai sekarang kami membuka peluang amal dalam rangka mensukseskan acara baksos tersebut, antara lain berupa : pakaian layak pakai, peralatan mandi, perlengkapan sekolah, uang tunai, dll.

Untuk keperluan survey itu sendiri, kami sangat mengharapkan kontribusi dari banyak pihak. Kami membayangkan pergi ke sana bersama-sama rekan-rekan dekat, para alumni Pondok Pesantren Al-Hikmah, Karangmojo, Gunungkidul (www.ppalhikmah.com), terutama yang dulu aktif bersama kami dalam mengelola Lazis Pondok Pesantren Al-Hikmah. Kami membayangkan melakukan survey ini bersama rekan-rekan tersebut bersama keluarga sekalian tamasya bersama merapatkan ukhuwah. Sehingga kami membayangkan pergi ke sana naik bus besar yang nyaman (karena perjalanan bisa berlangsung berpuluh hari), atau paling tidak, menggunakan kendaraan minibus seukuran Toyota Hiace. Kami mengharapkan perjalanan ini nyaman dan sangat menyenangkan sekaligus wisata/rihlah – terkadang saya pribadi berfikir : yang pada maksiat saja (koruptor, dsb) “selalu” nyaman kok, masak yang berjuang fii sabilillah, untuk kebaikan, apa harus selalu dengan cara “menderita” ? Para relawan yang berangkat survey, juga akan merelakan waktu, tenaga, pikiran, biaya, dsb lho untuk survey tersebut, yang total bisa memakan waktu hampir 1 bulan – kalau dihitung dari keberangkatan sampai kembali sampai rumah kami masing-masing. Sebuah tekad/cita-cita yang sebetulnya sangat berat bagi kami (apalagi mengingat waktu persiapannya yang tidak lama), maka kami mengharapkan doa dan kontribusi dari banyak pihak. Kami akan berusaha agar perjalanan tersebut berjalan dengan sangat nyaman dan menyenangkan. Oleh karena itu kami mempersiapkan segalanya sejak dini, terutama dalam hal keuangan, silahkan juga bagi para pembaca bila ingin berkontribusi/donasi.

Cita-cita ini kami sampaikan di sini sejak dini,

  • Apabila di antara para pembaca ada yang setuju dengan ide ini, mari kita dukung, mari berkontribusi, mari bersinergi saling menguatkan, mari bersama kita persiapkan sejak dini.
  • Agar bisa di-share/dibagikan kepada yang sekiranya menganggap ini sebagai ide yang baik, untuk bisa mendukung, bahkan ikut berkontribusi/donasi.

… وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَىٰ ۖ وَلَا تَعَاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ …

“… Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebaikan dan taqwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran …” [Q. S. 5. Al-Maa’idah : 2]

Mohon doa agar cita-cita ini bisa terealisasi dan berjalan dengan baik sepenuhnya dalam ridha, naungan, dan pertolongan Allah SWT, aamiin.

Silahkan menghubungi kami di contact yang ada di bagian ” MY BIODATA ” dari website ini, atau melalui nomor ustadz Ramli Umar, S. H. :  0818 0437 9155 .

Terimakasih atas waktu dan perhatiannya.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

629total visits,1visits today