Tips Kecil Hemat BBM

Berikut penulis mencoba berbagi pikiran mengenai tips menghemat BBM, semoga bermanfaat :

Jangan menge-gas berlebihan dan kemudian mengerem. Perkirakan jarak tempuh dan tekan gas seperlunya, jangan terlalu berlebih yang mengakibatkan kita harus melakukan pengereman untuk menghentikan sisa laju kendaraan.

Sebagai contoh : apabila 100 meter di depan kita ada lampu merah, maka kita tidak perlu menekan gas terlalu besar, misalnya karena gas kita tekan terlalu besar, maka kendaraan mampu bergerak sejauh 300 meter, kemudian ketika kendaraan baru melaju sejauh hampir 100 m saja sudah harus kita rem, padahal energi (BBM) yang kita keluarkan adalah BBM yang diperlukan untuk melaju sejauh 300 m, sehingga secara logika kita telah memboroskan BBM hampir 3 kali lipat dari yang kita perlukan. Cara menghemat apabila menghadapi situasi serupa adalah dengan melaju perlahan, barangkali hanya sejauh 50 m, kemudian gas kita lepas. Metode ini berlaku juga untuk situasi semisal kita mau menyalip kendaraan, menaiki tanjakan yang kemudian langsung menurun, dsb.

Semoga pemikiran kecil ini tidak keliru dan cukup bermanfaat – sekedar usaha bahu-membahu mengatasi kesulitan. Harga BBM cukup jauh di luar kendali kita – terutama harga BBM dunia – tetapi cara kita memakai BBM, sepenuhnya tergantung kita. fastabiqul khoirot !

P. S. :

Sedikit tips tambahan – khususnya bagi sepeda motor : matikan mesin ketika antri di pom bensin. Selain hemat BBM, juga sangat mengurangi polusi.

825total visits,3visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *