PAUD/TK Salsabila Al Atsary – Ponpes Tahfizh Da’watus Sunnah

PAUD/TKIT Salsabila Al-Atsary
Pondok Pesantren Dakwatussunnah

LATAR BELAKANG

PAUD SALSABILA AL-ATSARY adalah merupakan salah satu Divisi di bawah Lembaga Bahasa Bahasa Arab dan Tahfizhul Qur’an Da’watus Sunnah yang dibangun sebagai sarana praktek lapangan bagi santri (remaja dan dewasa putri) yang sudah dan masih belajar pada Lembaga Pendidikan Tahfizh dan Bahasa Arab Da’watus Sunnah, dengan standar ilmu yang sudah layak untuk diterapkan di madrasah usia dini (PAUD) dan usia pendidikan dasar (SD).

PAUD SALSABILA AL-ATSARY mengadopsi kurikulum dari Diknas dan Pondok Pesantren dengan beberapa penyesuaian, yang secara bertahap akan mengadakan evaluasi dan perbaikan agar terselengara pendidikan dan pengajaran yang optimal.

Sewa Lahan untuk PAUD/TKIT
Salsabila Al-Atsary

Pondok Pesantren Da’watus Sunnah berlokasi di perbatasan Pajangan – Bangunjiwo, Bantul (perempatan/kelurahan Bangunjiwo ke Selatan, terus naik – sekitar 300 – 500 meter – pertigaan di atas belok kiri/barat sekitar 500 meter). Pondok pesantren tersebut menggunakan 2 unit rumah di Perumahan Pringgading Permai Blok A No. 1 dan 13, Guwosari, Pajangan, Bantul, Yogyakarta. Sedangkan PAUD/TK Salsabila Al-Atsary menempati lahan sewa di daerah Nitiprayan, Bantul, Yogyakarta.

 

VISI

PAUD SALSABILA AL-ATSARY sebagai sarana pendidikan yang berbasis Islam dengan pemahaman salaful ummah, yang berusaha memadukan kecerdasan akal dan emosional dengan landasan agama yang benar sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW dan generasi terdahulu dengan tetap mengedepankan berekspresi dan bereksplorasi pada anak usia dini.

 

MISI

Mendidik generasi sejak dini dengan pemahaman agama yang benar, mengembangkan daya cipta dan kreativitas, membimbing akhlaq dengan perilaku Islami, menumbuhkan rasa percaya diri, mengajarkan sikap toleransi dan empati, dan mendukung bakat positif serta mengarahkannya dengan berlandaskan aqidah dan manhaj yang sholih, serta mempersiapkan anak untuk bisa melanjutkan belajar ke jenjang selanjutnya.

 

MATERI PELAJARAN

Melatih motorik halus dan kasar seperti membuat kriya, menggambar, membuat coretan, melipat, ketangkasan menangkap, melompat, jinjit atau membawa beban ringan. Selain itu diberikan juga materi pendidikan nalar dalam kognitif dan sosial emosional, serta materi dinniyyah (agama) seperti aqidah, akhlaq, praktek ibadah, hafalan Qur’an, dan hafalan doa-doa harian, kisah-kisah Islami, rihlah (wisata) edukatif, serta permainan edukatif.

 

Alhamdulillah, sampai saat ini PAUD SALSABILA AL-ATSARY tetap konsisten dengan program pendidikan yang sudah berjalan sehingga respon dari masyarakat cukup bagus untuk kelanjutan pendidikan ini.

Akan tetapi, selaras dengan bertambahnya peserta didik, gedung yang sekarang ditempati menjadi kurang kondusif dikarenakan keterbatasan dana untuk menyewa gedung yang lebih besar dan memadai, serta fasilitas bermain yang masih sangat minim. Kami sangat mengharapkan dukungan dari para donatur untuk menginfaqkan sebagian rejekinya barang jadi (seperti sembako, perlengkapan belajar atau material untuk pembangunan dan pengembangan sekolah) atau uang tunai yang insyaAllah akan sangat bermanfaat bagi kelangsungan pendidikan dan kegiatan belajar mengajar di PAUD SALSABILA AL-ATSARY (lebih lanjut perihal donasi, silahkan dilihat juga di bagian “ PELUANG AMAL ” di website ini.

Untuk informasi lebih lanjut, bisa langsung menghubungi pimpinan Ponpes : Ustadz Arief di nomor 0858 6853 4672 (namun maaf bila terkadang sinyal HP kurang bagus). Donasi juga bisa disalurkan ke rekening BRI Syariah Cabang Bantul Yogyakarta, No. Rek. 1015202797 a/n Arief Joko Susilo.

1362total visits,5visits today